Definition List

Senin, 25 Agustus 2014

Tanya jawab aqidah (7 & 8) - Apa makna al iman dan Apa makna al ihsan

ASY-SYAIKH  MUHAMMAD BIN ABDULWAHHAB AL-WUSHABI HAFIDZAHULLAH
Pertanyaan ke-7:
Apakah makna al-iman?
Jawab:
Yaitu engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, beriman akan adanya hari akhir, dan beriman kepada taqdir Allah yang baik maupun yang buruk.
Dalilnya adalah firman Allah Ta'ala: 
أَلَمْ تَرَ إِلَى الَّذِي حَاجَّ إِبْرَاهِيمَ فِي رَبِّهِ أَنْ آتَاهُ اللَّهُ الْمُلْكَ إِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّيَ الَّذِي يُحْيِي وَيُمِيتُ قَالَ أَنَا أُحْيِي وَأُمِيتُ ۖ قَالَ إِبْرَاهِيمُ فَإِنَّ اللَّهَ يَأْتِي بِالشَّمْسِ مِنَ الْمَشْرِقِ فَأْتِ بِهَا مِنَ الْمَغْرِبِ فَبُهِتَ الَّذِي كَفَرَ ۗ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ
Apakah kamu tidak memperhatikan orang yang mendebat Ibrahim tentang Tuhannya (Allah) karena Allah telah memberikan kepada orang itu pemerintahan (kekuasaan). Ketika Ibrahim mengatakan: "Tuhanku ialah Yang menghidupkan dan mematikan," orang itu berkata: "Saya dapat menghidupkan dan mematikan".Ibrahim berkata: "Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat," lalu terdiamlah orang kafir itu; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.
(QS: Al-Baqarah Ayat: 258)
Pertanyaan ke-8:
Apakah makna al-ihsan?
Jawab:
Yaitu engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya, apabila engkau tidak bisa, sesungguhnya Dia melihatmu.
Dalilnya adalah firman Allah Ta'ala: 
إِنَّ اللَّهَ مَعَ الَّذِينَ اتَّقَوْا وَالَّذِينَ هُمْ مُحْسِنُونَ
Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.
(QS: An-Nahl Ayat: 128)
Diterjemahkan dari kitab Dalail At Tauhid 
karya Asy Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Al Wushabi hafidzahullah
Alih bahasa:
Abduaziz Bantul
Ma'had Ibnul Qayyim Balikpapan
 

0 komentar:

Posting Komentar