Definition List

Kamis, 21 Agustus 2014

Tanya jawab aqidah (3 & 4) - Makna Ar Rabb dan dengan apa engkau mengenal Rabbmu?

ASY-SYAIKH  MUHAMMAD BIN ABDULWAHHAB AL-WUSHABI HAFIDZAHULLAH
Pertanyaan ke-3:
Apa makna Ar-Rabb?
Jawab:
Maknanya adalah Al-Malik (yang maha memiliki), Al-Ma'bud (yang disembah), Al-Mutasharraif (yang mengatur alam semesta). Dan Dialah dzat yang berhak untuk diibadahi.
Pertanyaan ke-4:
Dengan apa engkau mengenal Rabbmu?
Jawab:
Aku mengenalinya dengan ayat-ayat-Nya dan makhluq-makhuq-Nya. Diantara ayat-ayat-Nya (tanda-tanda yang menunjukkan kebesaran-Nya) adalah pergantian malam dan siang, dengan adanya matahari dan bulan. Dan diantara makhluq-makhluq-Nya adalah langit yang 7 beserta seluruh yang ada di dalamnya, dan bumi yang 7 beserta seluruh yang ada di dalamnya, dan segala sesuatu yang ada di antara keduanya (yakni langit dan bumi).
Dan dalilnya firman Allah Ta'ala: 
وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ ۚ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah Yang menciptakannya, Jika Ialah yang kamu hendak sembah.
(QS: Fushshilat Ayat: 37)
Dan juga firman Allah Ta'ala: 
إِنَّ رَبَّكُمُ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ ۗ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ ۗ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ´Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.
(QS: Al-A'raf Ayat: 54)
Alih bahasa:
Abdulaziz Bantul
Ma'had Ibnul Qoyyim Balikpapan
 

0 komentar:

Posting Komentar