Definition List

Minggu, 31 Agustus 2014

Tanya jawab aqidah (11 & 12) - Apakah mu'jizat rasulullah dan apa dalilnya bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah

ASY-SYAIKH  MUHAMMAD BIN ABDULWAHHAB AL-WUSHABI HAFIDZAHULLAH

Pertanyaan ke-11:
Apakah mu'juzat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam?

Jawab:
Mu'jizat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah Al Qur'an ini, yang mana seluruh manusia tidak mampu untuk mendatangkan sebuah surat yang menyerupai surat dalam Al Qur'an. Mereka tidak mampu untuk melakukannya padahal mereka adalah orang-orang yang paling fasih bahasanya dan sangat keras pertentangan dan permusuhannya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan orang-orang yang mengikutinya.

Dan dalilnya adalah firman Allah Ta'ala: 

وَإِنْ كُنْتُمْ فِي رَيْبٍ مِمَّا نَزَّلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِنْ مِثْلِهِ وَادْعُوا شُهَدَاءَكُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. (QS: Al-Baqarah Ayat: 23)

Dan dalam ayat yang lain, Allah Ta'ala berfirman: 

قُلْ لَئِنِ اجْتَمَعَتِ الْإِنْسُ وَالْجِنُّ عَلَىٰ أَنْ يَأْتُوا بِمِثْلِ هَٰذَا الْقُرْآنِ لَا يَأْتُونَ بِمِثْلِهِ وَلَوْ كَانَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ ظَهِيرًا

Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain". (QS: Al-Israa' Ayat: 88)

Pertanyaan ke-12:
Apa dalilnya bahwa Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam adalah utusan Allah?

Jawab:
Dalilnya adalah firman Allah Subhanahu wa Ta'ala: 

وَمَا مُحَمَّدٌ إِلَّا رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِ الرُّسُلُ

Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rasul. (QS: Ali Imran Ayat: 144)

Dalil yang lainnya firman Allah Ta'ala: 

مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ ۚ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ

Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. (QS: Al-Fat-h Ayat: 29)

Diterjemahkan dari kitab Dalail At Tauhid 
karya Asy Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Al Wushabi hafidzahullah

Alih bahasa:
Abduaziz Bantul
Ma'had Ibnul Qayyim Balikpapan

0 komentar:

Posting Komentar